Catat! Ini Jadwal Penobatan Raja Charles III

Jakarta, Liber Times – Paska kemangkatan Ratu Elizabeth II yang telah memerintah Britania Raya selama 71 tahun dan menjadikannya sebagai penguasa terlama itu maka tampuk kepemimpinan jatuh kepada putra tertuanya, Pangeran Charles.

Acara Penobatan Raja Charles III akan dilakukan di Westminster Abbey, London, Inggris, besok Sabtu (6/5/2023). Televisi Indonesia yang akan menyiarkan secara langsung tradisi yang sudah berlangsung selama 1.000 tahun ini, besok sore mulai pukul 15.00 WIB adalah Kompas TV.

Momen ini terbilang bersejarah, sebab akan disaksikan oleh ratusan jutaan mata di berbagai belahan dunia.

Sebenarnya, Charles III sudah resmi jadi Raja Kerajaan Inggris Raya, namun upacara penobatannya yang megah dan berbiaya mahal tetap digelar.

Dilansir dari laman kompas.com bahwa penobatan raja ini akan menampilkan tradisi baru dan perubahan dari penobatan ibunya, Ratu Elizabeth II, 70 tahun lalu.

Charles secara otomatis naik takhta setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022. Ia secara resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris dua hari kemudian dalam upacara naik takhta yang disiarkan untuk pertama kalinya di televisi.

Charles mengatakan, “Saya sangat sadar akan warisan besar ini dan tanggung jawab berat kedaulatan yang kini jatuh kepadaku.

Tidak ada persyaratan hukum untuk penobatan, apalagi monarki Eropa lainnya telah menghilangkan upacara ini. Namun, acara yang sangat religius dan penuh dengan atribut ini adalah konfirmasi yang lebih formal atas peran Charles sebagai kepala negara dan kepala gereja Inggris dan dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa otoritas raja berasal dari Tuhan.

Selama upacara yang dipimpin oleh pemimpin spiritual gereja, yaitu Uskup Agung Canterbury, Charles akan diurapi dengan minyak, menerima simbol-simbol tradisional raja, termasuk bola dunia dan tongkat kerajaan, dan mahkota St Edwards akan ditempatkan di atas kepalanya untuk pertama kalinya. Camilla, istri Charles, akan dinobatkan sebagai permaisuri.

Upacara penobatan telah berlangsung sejak abad pertengahan, dan sebagian besar dari itu tetap tidak berubah. Westminster Abbey telah menjadi tempat ritual penobatan ini sejak William Sang Penakluk dinobatkan pada tahun 1066.

Penobatan Elizabeth II pada Juni 1953 adalah yang pertama yang disiarkan langsung di televisi. Penobatan yang disiarkan televisi hitam putih itu menarik perhatian puluhan juta orang di Inggris dan kemudian diputar di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *