Adu Gengsi Indonesia vs Vietnam,Live Piala AFF 2020 Malam ini

  • Bagikan

Jakarta, LiberTimes-Laga ketiga babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Vietnam akan berlangsung pada Rabu malam ini, 15 Desember 2021. Skuad Garuda yang menghadapi sejumlah masalah dianggap masih memiliki peluang meraih kemenangan dari sang juara bertahan.

Kedua tim saat ini sama-sama mengantongi enam angka setelah meraih dia kemenangan pada partai awal babak penyisihan.Timnas Indonesia meraih kemenangan 4-2 dan 5-1 atas Kamboja dan Laos sementara Vietnam mengalahkan Laos 2-0 dan membungkam Malaysia 3-0.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tampak sengaja tak menurunkan seluruh skuad terbaiknya pada dua laga awal itu. Pada laga kontra Kamboja misalnya, Tae-yong memilih tak menurunkan dua bek senior yang dia miliki, Victor Igbonefo dan Fachrudin Aryanto, sejak awal.

Pada laga kontra Laos pun demikian. Tae-yong memberikan kesempatan kepada penyerang Dedik Setiawan dan pemain sayap Kushedya Hari Yudho pada awal pertandingan sementara Fachrudin baru masuk pada babak kedua.

Rekor pertemuan kedua tim sebenarnya bisa dianggap cukup imbang. Dari 24 kali bertemu di berbagai ajang, Timnas Indonesia meraih delapan kemenangan sementara Vietnam memiliki tujuh kemenangan, sembilan laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi dalam satu dekade terakhir Vietnam lebih unggul. Mereka berhasil meraih tiga kemenangan sementara Indonesia hanya satu kemenangan dalam sembilan laga, lima laga lainnya berakhir dengan imbang.

Masalah bagi Timnas Indonesia adalah karena bek Elkan Baggott dinyatakan tak bisa tampil pada laga malam ini. Pada Senin kemarin Elkan mendapatkan perintah untuk melakukan karantina mandiri oleh pemerintah Singapura dengan alasan dia berada satu pesawat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 dalam penerbangan dari Inggris.

Padahal Elkan sudah tiga kali melakukan tes PCR (Polymer Chain Reaction) dengan semuanya mendapatkan hasil negaatif. Elkan yang memang bergabung belakangan dengan Timnas Indonesia juga telah bermain pada babak kedua laga kontra Laos.

Selain Elkan, kondisi bek tengah Ryuji Utomo dan bek sayap Pratama Arhan Alif Rifai juga belum diketahui secara pasti. Keduanya sempat mengalami cedera pada laga kontra Kamboja dan absen pada laga kontra Laos.

Tae-yong juga menyatakan bahwa pemain sayap Egy Maulana Vikri masih belum bisa bermain pada laga kontra Vietnam. Klub Egy, FK Senica, belum memberikan dia izin bergabung dengan Timnas Indonesia.

Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (kanan) berusaha melewati hadangan pesepak bola Timnas Laos Phathana Phommathep (kiri) saat babak pertama pertandingan grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Ahad, 12 Desember 2021. Kelima gol Indonesia dibuat oleh Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian dan Evan Dimas. ANTARA/Humas PSSI

Sementara Vietnam telah menurunkan seluruh skuad terbaiknya pada laga kontra Malaysia. Pelatih Park Hang-seo memainkan seluruh pemain seniornya pada laga itu.

Menurut laporan media Vietnam Thanh Nien, tiga anak asuh Hang-seo tidak dalam kondisi bugar menjelang laga kontra Indonesia. Nguyen Thanh Chung, Phan Van Duc, dan Nguyen Tien Linh mengalami cedera saat mereka mengalahkan Malaysia.

Meskipun demikian, Hang-seo tetap optimis dengan kekuatan skuadnya. Dia menilai para pemain pengganti mereka juga memiliki kualitas yang tak jauh berbeda.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Vietnam

Indonesia (4-2-3-1): Ernando; Asnawi, Fachrudin, Igbonefo, Edo; Rachmat Irianto, Kadek Agung; Witan, Evan Dimas, Irfan Jaya; Ezra Walian

Vietnam (3-4-3): Nguyen Tran Manh; Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung; Vu Van Tanh, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Phong Hong Duy; Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Nguyen Chong Puong

Vietnam dikenal memiliki permainan dengan aliran bola yang cepat dan gaya pressing tinggi di area pertahanan lawan. Park Hang-seo pun menyatakan berharap Timnas Indonesia bermain terbuka pada laga kali ini.

Meladeni permainan terbuka Vietnam tentu akan sangat berbahaya. Hal itu terbukti dari pertemuan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Juni lalu.

Skuad asuhan Shin Tae-yong sebenarnya mampu menahan serangan Vietnam pada babak pertama dengan bermain bertahan dan baru kecolongan empat gol setelah mencoba bermain terbuka pada babak kedua.

Karena itu, Tae-yong diprediksi tak akan termakan oleh perang urat syaraf yang dilancarkan koleganya tersebut. Memperkuat pertahanan merupakan misi utama Tae-yong.

Apalagi pada dua laga sebelumnya tembok pertahanan Timnas Indonesia mendapatkan sorotan. Meskipun mampu mencetak banyak gol, skuad Garuda kebobolan dari dua tim yang di atas kertas memang berada jauh di bawah mereka.

Dari tiga gol yang sejauh ini sudah bersarang ke gawang skuad Garuda, dua diantaranya pun berasal dari serangan balik cepat lawan. Karena itu, bermain terbuka seperti pada laga kontra Kamboja dan Laos akan menjadi langkah bunuh diri bagi Timnas Indonesia.

Yang harus diperbaiki Timnas Indonesia adalah bagaimana merancang skema serangan balik yang rapi dan apik. Pada laga kontra Laos hal itu sudah mulai terlihat. Gol Irfan Jaya dan Witan Sulaeman berawal dari serangan balik cepat di sisi sayap.

Hal ini merupakan modal yang cukup untuk membuat Vietnam kelabakan. Jika mampu mencuri gol terlebih dahulu, Timnas Indonesia sangat mungkin bisa meraih kemenangan dari Vietnam.

Kedisiplinan, fokus dan kebugaran para pemain juga harus benar-benar diperhatikan oleh Tae-yong. Bermain bertahan selama 90 menit tentu akan sangat melelahkan bagi skuad Garuda.

Jika pun tak mendapatkan gol, Timnas Indonesia minimal harus meraih hasil imbang. Hal itu akan memberikan Indonesia keuntungan pada laga selanjutnya kontra Malaysia. Jika berhasil meraih hasil imbang juga pada laga kontra Negeri Jiran, maka Indonesia berhak lolos ke babak semifinal.

Laga Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2020 akan berlangsung pada Rabu malam 15 Desember 2021 pukul 19.30 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI dan ChampionsTV1.

PSSI|ANTARA|THANH NIEN

Indonesia Vs Vietnam
Piala AFF 2020
Piala AFF
Timnas Indonesia
Shin Tae-yong
Evan Dimas
Witan Sulaeman
Elkan Baggott

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.