Ragam Manfaat Teh Hijau

  • Bagikan

Jakarta, Liber Times-Jika kamu sering ke coffe shop pasti sering menemukan varian minuman yang bukan dari jenis kopi tapi teh, iya minuman itu diolah dari jenis tanaman teh hijau, bisa disajikan hangat ataupun dingin.

Teh hijau juga dikenal sebagai minuman paling paling sehat di dunia karena beragam khasiat yang terkandung di dalamnya.

Minuman ini juga dikenal dengan sebutan Green Tea, di mana minuman ini sedang menjadi primadona masyarakat karena menjadi satu diantara minuman yang diolah dengan cara kekinian.

Kandungan senyawa catechin pada teh hijau sangat berkhasiat. Catechin dalam teh hijau mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas serta dapat mencegah kerusakan sel.

Apabila kamu rutin mengonsumsi minuman teh hijau ini, setidaknya ada beberapa manfaat yang kamu dapatkan:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Antioksidan pada teh hijau efektif mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, khususnya pada penyakit arteri koroner.

Studi lain menyimpulkan bahwa mengonsumsi teh hijau dikaitkan dengan berkurangnya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

2. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan

Para ilmuwan di Tufts University mengamati “ORAC” Oxygen Radical Absorbance Capacity pada teh hijau.

Hasilnya menunjukkan bahwa teh hijau memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan yang lainnya.

Sudah terbukti juga, mengonsumsi teh hijau akan membantu melindungi sel dan DNA tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Secara tidak langsung, antioksidan pada teh hijau mencegah risiko penyakit kronis, bahkan menghambat pertumbuhan sel kanker.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Menurut penelitian yang dilakukan Medical College of Georgia 2007, teh hijau dapat menjadi pengobatan baru untuk masalah inflamasi kulit, seperti ketombe dan psoriasis.

Karena mengonsumsi teh hijau dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab inflamasi kulit dan mengontrol keberadaan gen yang mengatur siklus hidup sel-sel tersebut.

4. Menurunkan Kolesterol

Jika kamu memiliki masalah dengan kadar kolesterol tinggi, mengonsumsi teh hijau bisa menjadi salah satu solusinya.

Dalam penelitian yang dilakukan di Western University of Health Sciences, California, menyebutkan mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Serta mengonsumsi 10 cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan kolesterol total secara optimal.

5. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Teh hijau sudah dikenal sebagai teh pelangsing. Jika Anda menginginkan lemak di dalam tubuh mengalami pembakaran dan berkurang secara sempurna terutama pada saat olahraga, maka imbangi dengan mengonsumsi teh hijau.

Ketika kamu sedang berolahraga dan diiringi dengan mengonsumsi teh hijau, hal ini dapat meningkatkan jumlah lemak yang dibakar.

6. Mengurangi Stres

Manfaat yang akan terasa ketika kamu mengonsumsi secangkir teh hijau adalah meredakan stres. Kafein pada teh hijau cenderung lebih rendah daripada kopi.

Menurut studi yang dilakukan Sendai’s Tohoku University Graduate School of Medicine, mengonsumsi teh hijau 5 cangkir per hari bisa menurunkan stres.

7. Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Manfaat teh hijau berikutnya adalah dapat mendukung tubuh agar memiliki sistem metabolisme yang baik. Memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik, maka proses penurunan berat badan akan berlangsung sukses.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.