Tuntaskan Papua Tugas Utama Kepala BIN

Jakarta, Liber Times–Masalah Papua multidemensi menyangkut militer, politik, HAM, Ekonomi, Sosial dan kebudayaan. Persoalan itu tidak dapat diselesaikan TNI sendiri karena terbatas pada koridor UU TNI. Instansi yang bisa leluasa memainkan peran adalah BIN. Namun diketahui bersama pejabat tertinggi BIN di Papua saja meninggal dunia ditembak KST.

Penggalangan tertutup tanpa batas kepada garis keras Papua hanya dilakukan oleh intelijen. Oleh sebab itu perlu penguatan BIN dengan reposisi kepemimpinan BIN. Kabin sekarang terlihat lebih cocok dan mempunyai kemampuan dalam bidang sosial karena mampu melaksanakan vaksinasi serentak di seluruh penjuru republik.

Mereposisi beliau ke panggung terbuka sangat cocok karena beliau punya bakat menjadi pemimpin politik dan harus lebih dikenal publik, beda dengan kerja intel yang harus senyap. Gagal dicaci maki, berhasil tak dipuji dan hilang tak dicari. Seyognyanya Kang Mas Joko Widodo memikirkan nasib bangsa dan negara dengan menerapkan prinsip the righ man in the right place.

Penulis: M. Habibi Syafiuddin

Mahasiswa Pascasarjana UI, Prodi Kajian Stratejic Intelijen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *