Memperingati Hari Pahlawan Nasional, Ini 4 Film yang Harus Kamu Tonton

  • Bagikan
Film Pahlawan Sang Kiai

Jakarta, Liber Times– Tak terasa bentar lagi kita memasuki 10 November, yang kita kenal sebagai Hari Pahlawan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional, salah satunya dengan menonton film.

Dilansir dari halloyouth.com ini 4 rekomendasi filmterbaik untuk menemani kamu di rumah sambil memperingati Hari Pahlawan Nasional

1.Soekarno: Indonesia Merdeka

Film ini pertama kali rilis pada 11 Desember 2013 lalu dengan disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang pemuda istimewa yang kelak menjadi pejuang kemerdekaan sekaligus menjadi Presiden pertama Republik Indonesia.

Lahir dengan nama Kusno, karena sakit-sakitan maka sang ayah mengganti namanya dengan Soekarno yang diambil dari tokoh dalam pewayangan, yakni Adipati Karno. Ia hidup di tengah penindasan oleh penjajahan kolonial di era itu. Ia terus melawan penindasan-penindasan hingga Indonesia merdeka dan hingga akhir hayatnya.

Ario Bayu memerankan tokoh film dengan sangat apik, membuat film ini terkesan lebih nyata. Tak heran, film ini mendapat respons luar biasa dari publik di awal peluncurannya.

2. Merah Putih

Film yang disutradarai oleh Yadi Sugandi ini rilis pada 13 Agustus 2009 lalu dengan menceritakan perjuangan para pahlawan bangsa, yakni Amir, Marius, Tomas, Soerno dan Dayan.

Mereka adalah lima pemuda dari beragam latar belakang agama yang bergabung dengan pasukan militer di sebuah Barak Bantir di Semarang, Jawa Tengah. Suatu ketika Barak tersebut mendapat serangan dari militer Belanda, yang hanya menyisakan Amir, Tomas, Dayan, dan Marius.

Mereka yang lolos dari serangan tersebut akhirnya memutuskan untuk bergabung dalam pasukan gerilya di pedalaman Jawa, dan pada akhirnya menemukan strategi apik untuk mengalahkan pasukan Belanda.

3. Soerabaia ‘45

Pertama kali rilis pada tahun 1990 dengan disutradarai oleh Imam Tantowi, film ini berkisah tentang pertempuran Surabaya yang kemudian terkenal dengan sebutan peristiwa 10 November 1945.

Film ini menjadi wajib ditonton karena mengisahkan cukup lengkap tentang pertempuran Surabaya dengan sangat apik.

4. Sang Kiai

Film yang disutradarai oleh Rako Prijanto ini menceritakan tentang perjuangan para kaum Islami yang terdiri dari para santri Pondok Pesantren dan para Ulama. Film ini sekaligus mengisahkan tentang Resolusi Jihad santri yang dikumandangkan oleh KH Hasyim Asy’ari. Resolusi Jihad tersebut berhasil membakar semangat para santri di Surabaya dalam melawan sekutu.

“Umat Islam, Khususnya warga NU, harus siap bertempur melawan Belanda dan sekutu mereka yang berusaha untuk menguasai Indonesia kembali,” bunyi poin keempat dalam naskah Resolusi Jihad yang menjadi pegangan para santri dan ulama untuk melangsungkan pertempuran Surabaya.

Dengan dibintangi oleh Ikranagara sebagai tokoh utama KH Hasyim Asy’ari dan Agus Kuncoro sebagai KH Wahid Hasyim, film ini diperankan dengan sangat apik dengan alur yang sangat menarik. Tak heran jika film ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari berbagai pihak.

Nah, di atas adalah 4 film rekomendasi yang bisa kamu tonton untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional. Kamu mau nonton yang mana dulu?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.